11 Juli, 2009

MANUSIA PURBA


Manusia Makan Ikan Sejak 40 Ribu Tahun Lalu


Liputan6.com,Beijing: Sejak kapan manusia mulai teratur makan ikan? Barangkali hal itu pernah terbesit di benak Anda. Pertanyaan tersebut saat ini sudah terjawab dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, baru-baru ini. Penelitian itu menunjukkan setidaknya satu dari nenek moyang kita telah makan ikan secara teratur sejak 40 ribu tahun yang lalu.



Kesimpulan itu diperoleh setelah ilmuwan menganalisis komposisi kimia dari protein dan kolagen rangka manusia purba. Fosil tersebut berasal dari Tianyuan Gua, sebuah daerah yang berdekatan dengan Ibu Kota Cina Beijing. "Analisis ini memberikan bukti pertama konsumsi ikan di era awal manusia modern di Cina. Hal ini mempunyai implikasi untuk manusia modern," ujar Michael P. Richards dari Max Planck Institute for Evolutionary Antropologi.

Peneliti lainnya berasumsi konsumsi ikan telah membantu otak manusia tumbuh lebih besar. Meskipun konsumsi daging hewan telah dilakukan 2 juta tahun yang lalu turut menyumbang tumbuhnya otak manusia.

Kesimpulan penelitian itu masih perlu dibuktikan lebih lanjut. Pasalnya, manusia tidak menggunakan alat-alat tambahan sekitar 50 ribu tahun yang lalu.(AND/LiveScience)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RUMAH BAMBOE JADI PEMENANG LOMBA DOKUMENTER


Minggu, 2009 Maret 08

Pemenang LIMAS UI 2009

1. Lomba Nasional

A. Lomba Film Dokumenter
Juara 1 (hadiah Rp. 2.000.000,00 + medali dan sertifikat ) :
Rumah Bamboe Production - Kendari, Sulawesi Tenggara
Judul : “Atapku Langitku”
Juara 2 (hadiah Rp. 1.500.000,00 + medali dan sertifikat) :

Denny Riestanto - Surabaya
Judul : “Pengantin Bunga Pelastik”

Juara 3 (hadiah Rp. 1.000.000,00 + medali dan sertifikat) :
Jatmiko Wicaksono - Yogyakarta
Judul : “Sampah Melulu”