08 Juni, 2009

INDIE MOVIE 2009


Mengusung suksesnya event la lights indie movie film gue cara gue 2007 dan 2008, yang terlihat dari banyaknya antusias masyarakat indie filmmaker, mahasiswa, pelajar, terhadap event tersebut sehingga membangkitkan lagi gairah perfilman indonesia yang dalam kondisi trus menerus memperlihatkan eksistensinya agar menjadi tuan rumah yang disegani di negerinya sendiri, yang katanya orang bijak sih negeri ini "gemah ripah loh jinawi(kaya raya)" tapi memang begitu sih...tidak cuma kaya raya di sumber daya alamnya saja, negeri inipun kaya dengan sumber daya manusia kreatif dan imajinatif, oleh karena itu set film workshop bekerjasama dengan la lights akan mengadakan lagi gelaran la lights indie movie 2009.

La lights indie movie 2009 tidak jauh beda dengan event sebelumnya, namun kali ini kita ada yang sedikit baru sih..kita ngadain short story competition mulai tanggal 1 april 2009 panitia sudah membuka penerimaan karya berupa cerita pendek dalam bentuk synopsis yang bisa dikirim ke alamat set film workshop jl.sinabung 4b, kebayoran baru jaksel. Dan akan ditutup pada tanggal 1 juni 2009, kemudian diambil 4 pemenang oleh para juri, cerita pendek tersebut akan dikembangkan menjadi sebuah skenario yang kuat bersama para scriptwriter professional dalam sebuah workshop terpisah dari gelaran workshop di empat kota. Kemudian dari skenario yang sudah matang dijadikan sebuah film pendek dengan durasi 10 sampai 15 menit bersama para artis sutradara dalam program bikin film bareng artis. Pemisahan workshop penulisan dan workshop produksi ini dilakukan dengan kesadaran bahwa penulisan film merupakan seni tersendiri yang memerlukan pendekatan yang sedikit berbeda dengan aspek produksi. Skenario merupakan fondasi dari sebuah film yang baik dan untuk membangun fondasi yang baik memerlukan fokus dan energi tersendiri.

Workshop produksinya yang akan diselenggarakan di empat kota tersebut akan mengangkat lebih dalam tentang produksi film pendek. Tidak hanya lagi mencari ide film pendek yang baik, tapi kita juga mau berbagi ke temen-temen, ada apa aja sih di film itu, ada penyutradaraan, ada juru kamera, ada juru artistik, ada juru penyunting gambar, dll. Jadi ketika kalian akan mengikuti workshop ini, ketahuilah bahwa film itu merupakan dunia kompleks yang mengasyikkan dan tidak hanya satu orang yang menciptakan sebuah film, namun kolaborasi banyak orang dengan banyak deskripsi pekerjaan yang bergabung menjadi satu dalam sebuah tim produksi dan terciptalah sebuah karya film.

Di dalam rangkaian workhsop kalian akan dipertemukan dengan tokoh-tokoh perfilman nasional dan internasional, disini tidak lagi sekedar memperkenalkan apa itu film, tapi kita mengangkat tema – short film, big impact. Para peserta akan dikenalkan lebih jauh dengan pengetahuan mengenai aspek produksi film pendek dan bidang-bidang kreatif dalam produksi film. Dan seperti biasanya, peserta akan mengikuti sesi penulisan sinopsis spontan film pendek yang akan dikompetisikan kemudian dari keseluruhan peserta dipilih 25 orang untuk program film gue cara gue, jangan khawatir bagi temen-temen yang merasa tidak berbakat di bidang penulisan, tapi sangat ingin sekali mengikuti sebuah produksi profesional, peserta bisa mengikuti program bikin film bareng artis. Disini peserta yang terpilih akan mengikuti program magang dalam tim produksi artis-artis yang menjadi sutradara film pendek la lights indie movie 2009. Proses pemilihannya berdasarkan bagaimana kalian mengekspresikan diri dengan mengisi formulir khusus program bikin film bareng artis yang akan dibagikan di workshop nantinya. Jadi, persiapkan diri kalian.

50 orang finalis ini kemudian akan maju ke babak berikutnya, di keesokan harinya yaitu meet the producers. Disini peserta akan mempresentasikan ide (untuk program film gue cara gue) di depan para produser dan filmmaker profesional dan berusaha meyakinkan mereka agar cerita kalian terpilih, sedangkan untuk program bikin film bareng artis, peserta mempresentasikan diri sendiri agar bisa dipilih menjadi asisten para pekerja film profesional dalam produksinya nanti. Masing-masing peserta hanya bisa mengambil satu program dan akan mengisi formulir yang berbeda yang akan dibagikan di workshop nantinya.

Selain ilmu, kalian juga akan bisa mengembangkan diri dengan menambah kenalan baru yang punya minat sama dalam film, kami akan menghadirkan pasar komunitas, yaitu dimana temen2 komunitas film bisa berbagi informasi dan karyanya. Yang perlu diperhatikan la lights indie movie merupakan festival workshop, dan bukan festival yang mengkompetisikan film pendek dari para peserta, namun mengkompetisikan ide ide fresh dan menarik di saat peserta diharuskan menuliskan spontaneus sinopsis. Jangan khawatir kalian akan di kasitau cara membuat sinopsis atau mengambil ide yang ok untuk film pendek di workshopnya nanti.

Mau bikin film pendek dengan berkolaborasi bersama teman-teman finalis lainnya di program film gue cara gue atau menambah pengalaman dalam produksi dengan teman-teman profesional filmmaker di program bikin film bareng artis, bisa kita eksplorasi bersama dalam workshop la lights indie movie. Jadi, tunggulah wahai para penggemar, pecinta, penikmat, pemerhati film yang telah merindukan cahaya gemerlap gelaran la lights indie movie 2009 pasti akan tertuntaskan kerinduannya, dan luapkan kerinduan itu dalam la lights indie movie 2009 yang akan diadakan mulai bulan juli besok, kami akan mengunjungi 4 kota besar di jawa yaitu jakarta, surabaya, bandung, yogyakarta. Tunggu kedahsyatan konsep gelaran ini.

Short story competition adalah ajang kompetisi sinopsis film pendek berdurasi 10-15 menit.

Persyaratan kompetisi ini adalah:

1. Orisinil - sinopsis / treatment belum pernah dipublikasi dalam bentuk komersil apapun

2. Sinopsis diketik ( font 12, spasi 1,5 halaman, maksimal 2 halaman a4)

3. Batasan usia 18-30 thn

4. Kriteria cerita:

- tema sinopsis: comedy, suspense, thriller dan tentang anak muda

- tidak menampilkan tokoh di bawah umur 18 th dalam cerita

- tidak mengandung sara dan pornografi

5. Menyertakan formulir yang bisa di download di page blog www.enjoyindiemovie.multiply.com , diisi lengkap dan bisa

Diemail ke la.indiemovie@gmail.com atau dikirim langsung ke alamat

Set film

Jl. Sinabung 4b, kebayoran baru, jakarta selatan, 12120 disertai identitas diri, ktp/sim

6. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu sinopsis

7. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

8. Film hasil produksi workshop ini mutlak milik produser ( djarum dan set film )

Penutupan pengiriman formulir dan sinopsis tanggal 1 juni 2009

Dari kompetisi ini akan dipilih 4 sinopsis terbaik yang akan menjadi pemenang

Dan diumumkan saat workshop la lights indie movie 2009 di bulan juli 2009

Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang dan bertemu dengan scriptwriter profesional untuk mengikuti sesi mentoring, mengembangkan sinopsis kalian menjadi skenario film pendek yang baik.

Skenario ini kemudian akan difilmkan dalam program bikin film bareng artis

Notes:

- ketentuan lainnya akan diinformasikan ke masing2 individu setelah keputusan pemenang keluar.

- akan lebih baik jika mengirimkan cerita dalam bentuk treatment film pendek

- formulir short story competition dapat di download di halaman blog site ini

Ditunggu partisipasi dan karyanya

Tq

Set film

Jl. Sinabung no. 4b, kebayoran baru

Jakarta selatan - 12120

Telp. 021 727 99227 / 727 99226

Hp panitia 0815 1059 4899 ( silahkan tlp atau email, jangan sms-tidak akan dibalas)

Contact person: fira / anung

Hal-hal yang perlu diperhatikan

- pengisian formulir boleh ditulis atau diketik yang penting rapih dan jelas terbaca

- sinopsis harus diketik

- formulir boleh di fotokopi

- pengiriman formulir dan sinopsis boleh melalui email ( la.indiemovie@gmail.com ) atau

Dikirim langsung ke alamat set film yang tertera di atas


Post By ; Ags

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RUMAH BAMBOE JADI PEMENANG LOMBA DOKUMENTER


Minggu, 2009 Maret 08

Pemenang LIMAS UI 2009

1. Lomba Nasional

A. Lomba Film Dokumenter
Juara 1 (hadiah Rp. 2.000.000,00 + medali dan sertifikat ) :
Rumah Bamboe Production - Kendari, Sulawesi Tenggara
Judul : “Atapku Langitku”
Juara 2 (hadiah Rp. 1.500.000,00 + medali dan sertifikat) :

Denny Riestanto - Surabaya
Judul : “Pengantin Bunga Pelastik”

Juara 3 (hadiah Rp. 1.000.000,00 + medali dan sertifikat) :
Jatmiko Wicaksono - Yogyakarta
Judul : “Sampah Melulu”