24 Juni, 2009

INDOCS GELAR PELATIHAN DI KENDARI


In-Doc's Gelar Pelatihan Film Dokumenter

MAKASSAR, KOMPAS.com--In-Doc’s, salah satu organisasi Yayasan Masyarakat Mandiri Film Indonesia, akan menggelar pelatihan pembuatan film dokumenter, dirangkaikan deengan pemutaran 17 judul film dokumenter internasional dan Indonesia unggulan.

Ketua panitia pelatihan, Abdul Rahma, Rabu, mengatakan, Makassar merupakan kota keempat dari tujuh kota yang dikunjungi In-Doc’s dalam rangkaian kegiatan pelatihan dan pemutaran film bertajuk Screendocs! Travelling 2009, pada 24-26 Juni.



Menurutnya, peserta pelatihan berasal dari kalangan yang memiliki minat pada film dokumenter, dan akan dibimbing langsung sutradara film dokumenter dari California AS, Kathy Huang serta sutradara dan produser film dokumenter Indonesia, Chandra Tanzil.

"Kathy Huang akan mengajar pada kelas pengenalan film dokumenter, sementara Chandra Tanzil di kelas riset dan proposal film," katanya.

Ia menjelaskan, selain pelatihan dan pemutaran film, peserta juga akan disuguhi diskusi sosial agar pemahaman mereka pada isu-isu kemasyarakatan semakin tajam sebagai bahan dasar pembuata film dokumenter.

Tema diskusi yang akan digelar tersebut, yakni "Transgender" yang dibawakan Dosen Gender Sastra Perancis Fakultas Ilmu Bahasa, Universitas Hasanuddin, Fierenziana Gutruida dan "Human Rights" oleh ketua Pusat Studi Hukum dan HAM Universitas 45, Fadli Andi Natsif.

Lebih lanjut Rahman mengatakan, pemutaran 17 judul film diantaranya Donkey in Lahore, The Birthday, Football Undercover, Hamdi and Maria, Stranger in Motherland, Prahara Tsunami bertabur Bakau, Pulau Bangka Menangis serta Buah yang Menunggu Mati.

Selain di Makassar, Screendocs! Travelling 2009 juga digelar di Banjarmasin, Kendari, Palu, Jambi, Pontianak dan Samarinda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RUMAH BAMBOE JADI PEMENANG LOMBA DOKUMENTER


Minggu, 2009 Maret 08

Pemenang LIMAS UI 2009

1. Lomba Nasional

A. Lomba Film Dokumenter
Juara 1 (hadiah Rp. 2.000.000,00 + medali dan sertifikat ) :
Rumah Bamboe Production - Kendari, Sulawesi Tenggara
Judul : “Atapku Langitku”
Juara 2 (hadiah Rp. 1.500.000,00 + medali dan sertifikat) :

Denny Riestanto - Surabaya
Judul : “Pengantin Bunga Pelastik”

Juara 3 (hadiah Rp. 1.000.000,00 + medali dan sertifikat) :
Jatmiko Wicaksono - Yogyakarta
Judul : “Sampah Melulu”